Home » , » Panduan SEO Meningkatkan Pengunjung ke blog

Panduan SEO Meningkatkan Pengunjung ke blog

Posted by itpglobal

Panduan SEO Meningkatkan Pengunjung ke blogsore blogger kali ini saya ingin sedikit membagi bagai mana caranya meningkatkan pengunjung ke blog atau blogger langsung aja pertamatentang faktor seo on-page. walau banyak search engine yang ada di luar sana (yahoo, bing, ask, dll), namun saya akan membahas lebih tentang google. karena di eropa (tempat saya bertempat tinggal sekarang), lebih dari ninety% orang menggunakan google untuk mencari sesuatu di net (sampai mei 2010). untuk di amerika, hanya 65% saja orang yang menggunakan google untuk periode maret 2010.

seo/one /fage
ada lebih dari 200 faktor seo yang digunakan oleh google dalam menentukan rating sebuah halaman / website di serp (seek engine end result page). dan faktor seo secara umum dibagi menjadi 2 macam, faktor seo on-web page (di halaman) dan faktor search engine optimization off-web page (di luar halaman). perlu dicatat bahwa faktor search engine optimization on-page sudah tidak sepenting itu lagi. maksud saya, untuk keyword-key-word yang tidak banyak saingan, mungkin faktor seo on-page lah yang menentukan ranking di serp. namun untuk keyword-keyword yang sangat kompetitif, terlebih lagi jika website-internet site yang ada semua sudah sangat ter-optimisasi, lalu siapakah yang akan jadi rating teratas? di sinilah faktor search engine optimization off-web page berperan.


 judul halaman / html title tag

judul halaman adalah faktor search engine optimization on-page yang terpenting. key-word yang anda targetkan sebaiknya muncul di sini. menurut percobaan yang dilakukan perusahaan saya, jika judul hanya mengandung target keyword, maka ranking akan lebih tinggi. misalnya judul halaman anda adalah “ayam goreng”, maka jika ada orang yang mencari frase “cumi goreng”, rankingnya akan lebih tinggi dari jika judulnya “ayam goreng paling enak di dunia”. namun tentunya hal ini sangat sulit, karena kita tak hanya menulis untuk search engine, tetapi juga untuk person / pengguna net. maka sebaiknya judul juga harus agak deskriptif sehingga consumer ingin meng-klik net anda dari serp.
jumlah karakter dalam judul, sebaiknya kurang dari 66 karakter. karena jika lebih, dalam serp google, judul halaman anda akan terpotong oleh karakter titik-titik (…).
nama domain

jika keyword yang anda incar sudah berada di nama domain anda, maka anda sudah memiliki keunggulan search engine optimization yang kuat.
url
usahakan untuk menamakan file halaman anda dengan nama yang deskriptif sesuai dengan keyword target anda.
meta description

meta description adalah tulisan yang digunakan untuk menjelaskan tentang apa sebuah halaman web. tulisan ini akan muncul di snippet serp sebagai penjelasan. banyak pihak berkata bahwa meta description tidak lagi mempengaruhi rating, tetapi menurut percobaan perusahaan kami, meta description masih merupakan faktor search engine optimization on-web page dan menentukan ranking, meskipun sedikit sekali. meta description

tulislah meta description selain untuk seek engine, juga untuk user. jika tulisan tidak menarik, person akan ragu meng-klik web anda di serp. jika tulisan tidak relevan, maka soar fee akan relatif tinggi karena tidak sesuai dengan harapan consumer. bounce fee adalah persentase angka jumlah consumer yang keluar dari net anda.
maksimum karakter untuk meta description adalah 153 karakter, lebih dari ini maka tulisan anda akan terpotong oleh titik-titik (…).
meta key-word

menurut para ahli, meta keyword sudah tidak dipakai lagi oleh google untuk menentukan ranking. tapi menurut percobaan kami, meta key-word juga masih merupakan faktor seo on-web page sehingga masih menentukan ranking, meskipun juga sedikit sekali.

janganlah berlebihan memakai meta key phrases, batasnya berapa juga tidak ada yang tahu pasti (ada yang bilang three, ada yang bilang five, ada yang bilang 10. yah terserah anda, yang penting jangan berlebihan. dan jangan lupa sebaiknya tulisan yang ada di meta keyword juga muncul di halaman anda. jika tidak, maka akan terlihat spammy.
header h1 h2 h3 dst

header adalah faktor search engine optimization on-web page yang cukup penting. usahakan tiap halaman hanya memiliki 1 h1 yang unik, lalu dibagi beberapa h2 sebagai sub-header (jika perlu), yang terdiri lagi dari beberapa h3, dan seterusnya, untuk membuat hirarki yang semantik.

inilah kepercayaan yang beredar di para ahli search engine optimization di luar sana, namun menurut percobaan kami, jika ada beberapa h1 atau bahkan urutan h1 h2 h3 tidak beraturan, maka tidak akan di-penalty. namun tetaplah biasakan untuk membuat struktur web yang teratur. demi kenyamanan para developer, clothier, dan editor net anda.
pengulangan kata keyword / keyword density

banyak kepercayaan akan formulation density di luar sana. 5% lah, 20% lah. berapa persen kah key-word density yang sempurna? entah lah. mungkin para engineer google juga bingung. yang penting tulislah halaman anda untuk user, selain untuk seek engine. usahakan agar goal key-word anda muncul beberapa kali, tapi jangan berlebihan. selain bisa di penalty, person juga bacanya pusing kalau tulisannya tidak masuk akal.


 penekanan keyword / key-word emphasis

usahakan agar target key-word anda di halaman agar bisa diberi penekanan dengan emphasis seperti sturdy, em, ambitious, atau italic. search engine akan mengira bahwa kata-kata ini penting di halaman anda. namun sekali lagi, jangan berlebihan melakukannya. selain tidak nyaman melihatnya, seek engine (maksud saya para engineer-nya) juga tidak bodoh.

menurut percobaan kami yang pertama, lebih baik untuk melakukan penekanan yang bervariasi, pakai strong, lalu em, dst. namun percobaan kedua kami membuktikan emphasis tidak mempengaruhi ranking. kami bingung juga. yah terserah anda mau percaya yang mana. pakai saja, siapa tahu kan hehe.
halaman yang ramah search engine optimization

hindari memakai flash untuk keseluruhan halaman anda. google bisa membaca flash, tapi flash yang bagaimana? kadang dalam flash, textual content bisa di-destroy down menjadi image demi keindahan, sehingga tidak bisa dibaca lagi.

jika halaman anda memakai video, usahakan untuk mencantumkan transkrip video anda di halaman itu agar menjadi kaya akan isi konten teks.

jika anda masih tetap akan memakai flash untuk keseluruhan, maka pakailah sistem embed flash yang ramah seo, dengan memasukan konten alternatif di dalam kode embed flash. silahkan lihat caranya di halaman ini untuk konten alternatif, dan di sini untuk kodenya. nanti jika saya tidak malas, saya akan tulis put up bahasa indonesia tentang bagaimana cara meng-embed flash yang ramah seo.
navigasi / menu

pakailah navigasi / menu yang standar html. hindari menu flash, javascript, atau ajax, untuk memastikan search engine bisa membaca content material dan mengikuti hyperlink dari satu web page ke page lain.
hyperlink internal

kadang-kadang dalam sebuah halaman anda, anda akan membahas sesuatu yang dibahas lebih dalam di halaman lain. maka jika ada kesempatan ini, buat lah agar di hyperlink ke halaman itu. jangan lah melakukan ini secara berlebihan, selain bacanya pusing, terlalu banyak hyperlink akan terlihat spammy.

usahakan untuk memakai teks anchor yang deskriptif. daripada menggunakan kata-kata klik di sini untuk membaca tentang saya dan search engine optimization, pakailah kata-kata seperti ini: panduan-seo-meningkatkan-pengunjung-ke.blog dan search engine optimization.

jangan lupa untuk memakai judul hyperlink / link name, tulisan yang keluar di link jika mouse pointer anda berada di atas sebuah hyperlink.
gambar dalam halaman

jika di halaman anda ada gambar, maka namakan report gambar anda dengan sesuatu yang deskriptif atau kaya akan key-word. misalnya beri nama gambar dengan nama “cumi-goreng.jpg” daripada “image1035.jpg”. pakailah dash / hyphen / strip untuk memisahkan kata, jangan underscore, jangan disambung.

gunakan tag alt untuk memperjelas tentang apa gambar anda. selain gambar anda akan semakin kaya key-word, ini juga akan berguna untuk orang buta yang mem-browse halaman anda memakai browser khusus orang buta, atau jika browser user tidak mengaktifkan gambar (disable image).
posisi keyword di kode html halaman

menurut para ahli, posisi key-word di kode html akan mempengaruhi ranking. misalnya saja kode html halaman anda isinya dari atas banyak sampah kode, lalu menu, lalu gambar-gambar, lalu video-video, lalu isi lainnya, baru keyword di bagian ujung bawah. ini tidak akan menguntungkan.
pernah saya guys-design sebuah internet untuk sebuah klien yang dengan jelas meminta kode html nya untuk berisi konten penting dibagian atas (header, paragraf, dll) dan kode tidak penting seperti navigasi / menu, kotak search, gambar-gambar, di bagian bawah. bagaimana caranya untuk melakukan hal ini? pakailah posisi absolut dalam css anda, atur posisi sedemikian rupa di css anda.
terus terang perusahaan kami belum melakukan percobaan untuk faktor seo on-web page yang ini. tapi akan saya pastikan untuk melakukannya dan akan meng-replace put up ini jika saya telah dapat hasilnya.div vs tabel

 apakah net anda di-develop dengan memakai tabel? tabel diciptakan bukan untuk mengatur posisi dan mengatur format tulisan net. gunakanlah css untuk itu. selain kode akan terlihat lebih rapi, seek engine juga akan membaca lebih jelas konten internet anda.

menurut percobaan kami, ranking akan lebih tinggi jika key-word berada di dalam div daripada tabel. kadang-kadang design net yang “kotor” menggunakan tabel bertingkat-tingkat, sehingga key-word anda berada dalam tabel yang berada dalam tabel lain, yang juga berada di tabel lain. ini akan berpengaruh buruk terhadap faktor search engine optimization on-web page anda.
kode yang bersih

usahakan untuk kode html halaman anda agar tidak mengandung kode sampah seperti kode-kode yang tidak dipakai tapi di-commented out memakai <!—— kode sampah ——>, atau kode css dan javascript yang berada di dalam html.

letakkanlah kode css dan javascript di luar html anda dan panggilah kode itu secara eksternal, sehingga kode html halaman anda bersih dan kaya akan konten.
jumlah link keluar / outbound hyperlink

hindarilah mempunyai terlalu banyak link keluar dari halaman anda. halaman yang mempunyai terlalu banyak link keluar akan terlihat spammy. ya ini telah terbuktikan dari percobaan kami, ranking halaman yang mempunyai lebih banyak link keluar akan turun.

jika ada hyperlink keluar yang kurang penting (seperti misalnya bagian remark di weblog anda), pastikan untuk memakai nofollow dengan cara memasukkan kode rel=”nofollow” di kode link anda.

jangan sampai anda mempunyai link keluar ke lingkungan yang buruk / terrible community. contohnya ke sebuah domain yang sudah di-cap oleh search engine sebagai link farm (menjual link) atau semacamnya.


0 komentar:

Posting Komentar

Entri Populer